Masyarakat terdiri
dari manusia dan budayanya. I
Definisi
budaya organisasi antara lain dikemukakan oleh Robbins (1990), budaya
organisasi merupakan nilai-nilai dominan atau falsafah yang menuntun
kebijaksanaan organisasi terhadap para anggota organisasi tersebut. Selain itu
budaya organisasi juga merupakan sistem nilai yang diyakini, dipelajari,
diterapkan, serta dikembangkan secara berkesinambungan, dan dijadikan acuan
perilaku oleh semua anggota organisasi untuk mencapai tujuan perusahaan yang
telah ditetapkan
Pengaruh
budaya atas prilaku organisasi, menurut pendapat saya pengaruh budaya atas
prilaku organisasi yaitu budaya ( kebiasaan ) yang di lakukan oleh anggota dari
organisasi yang mempengaruhi prilaku organisasi tersebut. Misalnya : Suatu
budaya dalam organisasi memiliki kebiasaan disiplin mengenai waktu maka anggota
dalam organisasi tesebut akan terbiasa disiplin tepat waktu.
.Budaya
memiliki beberapa fungsi di dalam suatu organisasi, antara lain:
a.Budaya memiliki suatu peran batas-batas penentu, yaitu budaya menciptakan perbedaan antara satu organisasi dengan organisasi yang lain.
b. Budaya berfungsi untuk menyampaikan rasa identitas kepada anggota-anggota organisasi
c.Budaya mempermudah penerusan komitmen hingga mencapai batasan yang lebih luas, melebihi batasan ketertarikan individu
d.Budaya mendorong stabilitas sistem sosial. Budaya merupakan suatu ikatan sosial yang membantu mengikat kebersamaan organisasi dengan menyediakan standar-standar yang sesuai mengenai apa yang harus dikatakan dan dilakukan karyawan.
e.Budaya bertugas sebagai pembentuk rasa dan mekanisme pengendalian yang memberikan panduan dan bentuk perilaku serta sikap karyawan
a.Budaya memiliki suatu peran batas-batas penentu, yaitu budaya menciptakan perbedaan antara satu organisasi dengan organisasi yang lain.
b. Budaya berfungsi untuk menyampaikan rasa identitas kepada anggota-anggota organisasi
c.Budaya mempermudah penerusan komitmen hingga mencapai batasan yang lebih luas, melebihi batasan ketertarikan individu
d.Budaya mendorong stabilitas sistem sosial. Budaya merupakan suatu ikatan sosial yang membantu mengikat kebersamaan organisasi dengan menyediakan standar-standar yang sesuai mengenai apa yang harus dikatakan dan dilakukan karyawan.
e.Budaya bertugas sebagai pembentuk rasa dan mekanisme pengendalian yang memberikan panduan dan bentuk perilaku serta sikap karyawan
Hal-hal yang
Mempengaruhi Budaya Organisasi
Menurut Piti Sithi-Amnuai bahwa pembentukan budaya organisasi terjadi tatkala anggota organisasi belajar menghadapi masalah, baik masalah-masalah yang menyangkut perubahan eksternal maupun masalah internal yang menyangkut persatuan dan keutuhan organisasi.
Menurut Piti Sithi-Amnuai bahwa pembentukan budaya organisasi terjadi tatkala anggota organisasi belajar menghadapi masalah, baik masalah-masalah yang menyangkut perubahan eksternal maupun masalah internal yang menyangkut persatuan dan keutuhan organisasi.
Daftar pustaka
http://mpikelasb.blogspot.co.id/2010/01/makalah-pengaruh-budaya-terhadap.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar