Minggu, 22 Mei 2016

Peran Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan Dan Membangun Tim


Peran Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan Dan Membangun Tim
 
.Pengertian Peran Kepemimpinan.
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan. Sedangkan pengertian peran adalah perilaku yang diatur dan diharapkan dari seseorang dalam posisi tertentu.Jadi dari keterangan di atas dapat disimpulkan  bahwa peranan kepemimpinan adalah seperangkat perilaku yang diharapkan dilakukan oleh seseorang sesuai kedudukannya sebagai seorang pemimpin.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kepemimpinan dapat berperan dengan baik, antara lain :

1.       Yang menjadi dasar utama dalam efektivitas kepemimpinan bukan  pengangkatan atau penunjukannya, melainkan penerimaan orang lain terhadap kepemimpinan yang bersangkutan
2.       Efektivitas kepemimpinan tercermin dari kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang
3.       Efektivitas kepemimpinan menuntut kemahiran untuk “membaca”Situasi.
4.       Perilaku seseorang tidak terbentuk begitu saja, melainkan melalui  pertumbuhan dan perkembangann
5.       Kehidupan organisasi yang dinamis dan serasi dapat tercipta bila setiap anggota mau menyesuaikan cara berfikir dan bertindaknya untuk mencapai tujuan organisasi.

Peran pemimpin dalam pengambilan keputusan dapat melalui tahapan – tahapan proses pengambilan keputusan, diantarannya :
a.       Identifikasi masalah
b.        Mendefinisikan masalah
c.        Memformulasikan dan mengembangkan alternative
d.       Implementasi keputusan
e.       Evaluasi keputusan

Pengambilan keputusan merupakan fungsi kepemimpinan yang tidak mudah dilakukan. Oleh sebab itu banyak pemimpin yang menunda untuk melakukan pengambilan keputusan. Bahkan ada pemimpin yang kurang berani mengambil keputusan. Metode pengambilan keputusan dapat dilakukan secara individu, kelompok tim atau panitia, dewan, komisi, referendum, mengajukan usul tertulis dan lain sebagainya

Sedangkan pemimpin dalam membangun tim dapat didefinisikan sebagai berikut :
Kepemimpinan didefinisikan sebagai proses untuk memberikan pengarahan dan pengaruh pada kegiatan yang berhubungan dengan tugas sekelompok anggotanya. Mereka yakin bahwa tim tidak akan sukses tanpa mengkombinasikan kontribusi setiap anggotanya untuk mencapai tujuan akhir yang sama.
Adapun peranan pemimpin dalam tim adalah sebagai berikut: :
a. Memperlihatkan gaya pribadi
b. Proaktif dalam sebagian hubungan
c. Mengilhami kerja tim
d. Memberikan dukungan timbal balik
e. Membuat orang terlibat dan terikat
f. Memudahkan orang lain melihat peluang dan prestasi
g. Mencari orang yang ingin unggul dan dapat bekerja secara kontruktif
h. Mendorong dan memudahkan anggota untuk bekerja
i. Mengakui prestasi anggota tim
j. Berusaha mempertahankan komitmen
k. Menempatkan nilai tinggi pada kerja tim.




Daftar Pustaka

1.       http://www.academia.edu/8744718/PERAN_KEPEMIMPINAN_DALAM_PENGAMBILAN_KEPUTUSAN_MAKALAH_Diajukan_Untuk_Memenuhi_Tugas_Mata_Kuliah_Kepemimpinan_Pendidikan 
2.      http://cahhpurba.blogspot.co.id/2012/04/peran-kepemimpinan-dalam-pengambilan.html
3. https://teguhsantoso06.wordpress.com/2012/06/06/kepemimpinan-leadership/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar