.Pengertian Peran Kepemimpinan.
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi
aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian
tujuan. Sedangkan pengertian peran adalah perilaku yang diatur dan diharapkan
dari seseorang dalam posisi tertentu.Jadi dari keterangan di atas dapat
disimpulkan bahwa peranan kepemimpinan adalah seperangkat perilaku yang
diharapkan dilakukan oleh seseorang sesuai kedudukannya sebagai seorang
pemimpin.
Ada beberapa hal yang
perlu diperhatikan agar kepemimpinan dapat berperan dengan baik, antara lain :
1. Yang
menjadi dasar utama dalam efektivitas kepemimpinan bukan pengangkatan
atau penunjukannya, melainkan penerimaan orang lain terhadap kepemimpinan yang
bersangkutan
2. Efektivitas
kepemimpinan tercermin dari kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang
3. Efektivitas
kepemimpinan menuntut kemahiran untuk “membaca”Situasi.
4. Perilaku
seseorang tidak terbentuk begitu saja, melainkan melalui pertumbuhan dan
perkembangann
5. Kehidupan
organisasi yang dinamis dan serasi dapat tercipta bila setiap anggota mau
menyesuaikan cara berfikir dan bertindaknya untuk mencapai tujuan organisasi.
Peran pemimpin dalam pengambilan keputusan
dapat melalui tahapan – tahapan proses pengambilan keputusan, diantarannya :
a.
Identifikasi masalah
b.
Mendefinisikan
masalah
c.
Memformulasikan dan mengembangkan alternative
d.
Implementasi keputusan
e.
Evaluasi keputusan
Pengambilan keputusan
merupakan fungsi kepemimpinan yang tidak mudah
dilakukan. Oleh sebab itu banyak pemimpin yang menunda untuk melakukan pengambilan keputusan. Bahkan ada pemimpin
yang kurang berani mengambil keputusan.
Metode pengambilan keputusan dapat dilakukan secara individu, kelompok tim atau panitia, dewan, komisi,
referendum, mengajukan usul tertulis dan lain sebagainya
Sedangkan pemimpin dalam membangun tim dapat didefinisikan sebagai berikut :
Kepemimpinan
didefinisikan sebagai proses untuk memberikan pengarahan dan pengaruh pada
kegiatan yang berhubungan dengan tugas sekelompok anggotanya. Mereka yakin
bahwa tim tidak akan sukses tanpa mengkombinasikan kontribusi setiap anggotanya
untuk mencapai tujuan akhir yang sama.
Adapun peranan pemimpin dalam
tim adalah sebagai berikut: :
a. Memperlihatkan gaya pribadi
b. Proaktif dalam sebagian hubungan
c. Mengilhami kerja tim
d. Memberikan dukungan timbal balik
e. Membuat orang terlibat dan
terikat
f. Memudahkan orang lain
melihat peluang dan prestasi
g. Mencari orang yang ingin
unggul dan dapat bekerja secara kontruktif
h. Mendorong dan memudahkan
anggota untuk bekerja
i. Mengakui prestasi anggota
tim
j. Berusaha mempertahankan
komitmen
k. Menempatkan nilai tinggi
pada kerja tim.
Daftar Pustaka
2. http://cahhpurba.blogspot.co.id/2012/04/peran-kepemimpinan-dalam-pengambilan.html
3. https://teguhsantoso06.wordpress.com/2012/06/06/kepemimpinan-leadership/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar